• Dapatkan 8 buku karya Agustianto, antara lain: Fikih Muamalah Ke-Indonesiaan, Maqashid Syariah, dalam Ekonomi dan Keuangan, Perjanjian (Akad) Perbankan Syariah, Hedging, Pembiayaan Sindikasi Syariah, Restrukturisasi Pembiayaan Bank Syariah, Ekonomi Islam Solusi Krisis Keuangan Global. Hub: 081286237144 Hafiz

  • Mewujudkan Kemandirian ekonomi Umat

    1

    Posted on : 01-06-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Islamic Economics, Microfinance

    Oleh : Agustianto

    Ketua I IAEI, Dosen Pascasarjana UI, dan Anggota Pleno DSN-MUI

    Kondisi ekonomi umat di Indonesia, secara umum, masih belum mandiri, bahkan masih jauh dari kemandirian. Parameter ketidak mandirian ekonomi umat itu terlihat pada banyak fakta dan kondisi objektif perekonomian umat, yaitu :.

    Pertama, angka kemiskinan masih menggurita di Indonesia. Kalau digunakan indicator kemiskian menurut ILO dimana perkapita di bawah 2 dolar sehari, maka angka kemiskinan di Indonesia mencapai 100 juta jiwa lebih.   Bagaimana bisa dikatakan mandiri, kalau kemiskinan masih menggeluti umat. Kedua,   Read the rest of this entry »

    Pasar Bebas dan Ekonomi Kerakyatan

    0

    Posted on : 14-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Sekitar dua dasawarsa belakangan ini, kecenderungan untuk mewujudkan pasar bebas (free market) semakin kuat. Kecenderungan itu akan diwujudkan pada tingkat international dan tingkat regional. Di peringkat international terlihat pada persetujuan GATT (General Agreement on Tariff and Trade), serta terbentuknya WTO (World Trade Organization). Di peringkat regional bisa dilihat dari makin menguatnya kerjasama ekonomi dalam kawasan tertentu seperti Uni Eropa, AFTA, NAFTA, APEC dan terakhir CAFTA. CAFTA kini sudah diterapkan dengan segala dampak positif dan negatifnya Read the rest of this entry »

    BMT Sebagai Lembaga Ekonomi Rakyat

    0

    Posted on : 11-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Sudah tiga tahun bangsa Indonesia mengalami krisis ekonomi. Akibatnya, kemiskinan bertambah dan pengangguran membengkak secara luar biasa. Bila ukuran kemiskinan didasarkan pada perkapita Rp. 57.000 saja, maka jumlah rakyat miskin mencapai 40 juta orang. Sedangkan bila perkapita penduduk Indonesia Rp. 100.000, maka jumlah masyarakat miskin lebih dari 110 juta orang. Read the rest of this entry »

    Pembedayaan Ekonomi Umat Lewat BMT

    0

    Posted on : 04-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Pendahuluan

    Salah satu program kegiatan ICMI, adalah mengembangkan dan membangun perekonomian umat. Lembaga ICMI yang bertugas menangani program tersebut, adalah sebuah badan pekerja yang disebut. Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK). Di antara kegiatan  Pinbuk yang terpenting adalah, melakukan pembinaan dan pengawan terhadap BMT (Baitul Mal wat Tanwil atau Balai usaha Mandiri Terpadu).

    Presiden, ketika meresmikan beberapa proyek besar ICMI pada Muktamar ICMI beberapa waktu lalu, telah mencanangkan proyek BMT sebagai Gerakan Nasional dalam rangka mengentaskan kemiskinan umat. Read the rest of this entry »

    Koperasi Syariah : Paradigma Baru Koperasi Indonesia

    5

    Posted on : 17-03-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

     

     

    Abad 21 ini konstelasi perekonomian Indonesia diramaikan dan diwarnai oleh ekonomi syariah. Mulai dari bank syariah, BPR syariah, Reksadana syariah, Multi Level Marketing syariah (Ahad-Net) dan koperasi syariah. Undang-Undang No.10/1998 tentang perbankan dan UU No.23/1999 tentang Bank Indonesia telah secara nyata melegalkan dan mengukuhkan keberadaan bank syariah di persada Nusantara  ini.Bahkan kini sudah lahir UU Perbankan syariah secara khusus yaitu UU no 21 /2008 dan UU SBSN No 19/2008. Read the rest of this entry »

    Urgensi Kewirausahaan Dalam Koperasi

    0

    Posted on : 13-03-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Tanggal 22 Juli adalah Hari Koperasi yang setiap tahun diperingati oleh insan koperasi di seluruh tanah air. Pada setiap momentum hari Koperasi tersebut, masalah-masalah yang berkaitan dengan pengembangan koperasi selalu diperbincangkan, baik mengenai tantangan, peluang, kendala dan pilar-pilar pendukung pengembangan koperasi. Seperti sumber daya manusia, kewirausahaan, orientasi bisnis, permodalan, maupun penciptaan iklim kondusif dari pemerintah. Read the rest of this entry »

    Pemberdayaan Usaha Kecil

    0

    Posted on : 13-03-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Pada satu dasarwasa terakhir ini, kata perberdayaan sering muncul kepermukaan, baik dalam tulisan-tulisan, maupun pidato-pidato di tengah masyarakat. Kata ini sebenarnya terjemahan dari empowerment. Pada mulanya, kata ini diterjemahkan dengan kata pemampuan. Tetapi terasa kurang pas. Kemudian dipakai kata penguatan, juga masih kurang mengena. Setelah itu ditemukanlah sebuah kata yang lebih mengena yakni kata pemberdayaan. Selanjutnya kata ini menjadi populer dalam masyarakat, termasuk dalam gerakan kaum perempuan. Read the rest of this entry »

    Lembaga Keuangan Mikro dan Otonomi Daerah

    0

    Posted on : 13-03-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Oleh : Agustianto

    Hernandi de Soto dalam bukunya The Mystery of Capital (2001) menggambarkan betapa besarnya sektor ekonomi informal dalam memainkan perannya dalam aktivitas ekonomi di negara berkembang. Ia juga mensinyalir keterpurukan ekonomi di negara berkembang disebabkan ketidakmampuan untuk menumbuhkan lembaga permodalan bagi masyarakatnya yang mayoritas pengusaha kecil.

    Read the rest of this entry »

    Membangun Kekuatan Ekonomi Umat Melalui MLM Syariah Ahad-net International

    0

    Posted on : 18-02-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Tak bisa dibantah, bahwa kondisi perekonomian umat Islam Indonesia masih jauh tertinggal dari umat lain, khususnya para konglongmerat raksasa maupun konglongmerat menengah. Dua pilar utama kegiatan ekonomi, yakni produksi dan distribusi dikuasai oleh orang lain. Kondisi ini tak boleh dibiarkan berlangsung terus-menerus, karena itu, umat Islam harus mempersiapkan kekuatan dan aksi konkrit agar terlepas dari kondisi itu demi terwujudnya keadilan ekonomi dan terciptanya kemakmuran dan kesejahtraan rakyat secara menyeluruh. Read the rest of this entry »

    Membangun Baitul Mal Wat Tanwil Untuk Mengentas Kemiskinan

    0

    Posted on : 13-02-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Microfinance

    Agustianto

    Sampai saat ini, salah satu agenda penting ummat Islam adalah masalah kemiskinan. Bahkan sebagaian besar umat Islam, terpuruk dalam bidang ekonomi di tengah kejayaan dan kegemilangan kelompok lain. Ummat Islam berada dalam himpitan kemiskinan yang memprihatinkan. Di samping itu, sebagian besar umat Islam, khususnya para pedagang kecil, masih terjerat sistem ekonomi ribawi. Terdapat pula sejumlah lembaga yang mengatasnamakan (berkedok) koperasi, ternyata adalah rentenir penghisap darah ummat. Sementara itu, dominasi ekonomi dan bisnis etnis tertentu semakin mengkristal dalam struktur ekonomi kerakyatan. Read the rest of this entry »

    Baitul mal wat tamwil (BMT) dan Pengentansan kemiskinan

    0

    Posted on : 20-01-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Islamic Economics, Microfinance

    Oleh: Agustianto

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia yang masuk dalam kategori miskin tercatat sebanyak 36,17 juta jiwa (16,7 persen). Kriteria miskin tersebut berdasarkan konsumsi masyarakat di bawah Rp 123.000 per bulan. Dengan asumsi sebesar itu, maka buruh yang mendapatkan upah sebesar Rp 450.000 per bulan sesuai dengan KHM (Kebutuhan Hidup Minimum), Read the rest of this entry »