• Peluncuran Buku Karya Agustianto dan Ateng Kusnadi, berjudul Bebas dengan Paradigma Syariah, 3 April 2011, pada momentum Milad Ahad 15 di Hotel Desa Wisata, Taman Mini (TMII). Makna BEBAS dalam judul buku ini ialah Berkah Etis, Bahagia, Adil, Sukses.

  • Urgensi Ilmu Ushul Fiqh dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah (Bagian 2)

    0

    Posted on : 08-09-2013 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Oleh : Agustianto

    Dosen Ushul Fiqh Pascasarjana UI, Magister Ekonomi IEF Trisakti,dan Magister Bisnis dan Keunagan Islam Univ Paramadina.

     

    Ilmu ushul fiqh sangat langka diajarkan dalam materi-materi training perbankan syariah dan Lembaga Keuangan Syariah, bahkan materi bahasannya tidak ditemukan sama sekali. Oleh karena itu para pakar ekonomi Islam dan SDM bank syariah termasuk regulator syariah sangat  jarang memahami ilmu ushul fiqh. Padahal disiplin ini menduduki  posisi utama dalam ilmu ekonomi syariah, khususnya bagi para pimpinan bank, regulator, dewan fatwa, terlebih dosen-dosen di Program Pasca-sarjanaekonom-Islam. Read the rest of this entry »

    Urgensi illat dalam Ekonomi dan Keuangan Syariah (Bagian II)

    0

    Posted on : 31-07-2013 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Oleh : Agustianto

    Dosen Ushul Fiqh Pascasarjana UI, Magister IEF Trisakti,dan Magister Bisnis dan Keuangan Islam Univ Paramadina.

    Ilmu ushul fiqh sangat langka diajarkan dalam materi-materi training perbankan syariah dan Lembaga Keuangan Syariah, bahkan materi bahasannya tidak ditemukan sama sekali. Karena kelangkaan itu, maka para praktisi yang pakar ekonomi Islam dan SDM bank syariah termasuk regulator syariah perlu sekali memahami ilmu ushul fiqh, karena disiplin ini menduduki  posisi utama dalam ilmu ekonomi syariah, khususnya bagi para pimpinan bank, regulator, dewan fatwa, terlebih dosen-dosen di Program Pasca-sarjana ekonom Islam. Read the rest of this entry »

    Peranan Ushul Fiqh dalam Pengembangan Produk Perbankan dan Keuangan Syariah (Bagian I)

    0

    Posted on : 31-07-2013 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Oleh : Agustianto

    Ketua I Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI)

     

    Para akademisi dan praktisi lembaga perbankan dan keuangan, tidak cukup hanya mengetahui fikih muamalah dan aplikasinya saja, tetapi yang lebih penting  adalah  memahami ushul fiqh dan maqashid syariah dari setiap produk perbankan dan keuangan syariah.

    Semua ulama sepakat bahwa ushul fiqh menduduki posisi yang sangat penting dalam ilmu-ilmu syariah. Imam Asy-Syatibi (w.790 H), dalam Al-Muwafaqat, mengatakan, mempelajari ilmu ushul fiqh merupakan sesuatu yang dharuri (sangat penting dan mutlak diperlukan), karena melalui  ilmu inilah dapat diketahui kandungan dan maksud setiap dalil syara’  (Al-quran dan hadits) sekaligus bagaimana menerapkan  dalil-dalil syariah  itu di lapangan. Menurut Al-Amidy dalam kitab Al-Ihkam fi Ushulil Ahkam,Siapa yang tidak menguasai ilmu ushul fiqh, maka diragukan ilmunya, karena tidak ada cara untuk mengetahui hukum Allah (syariah) kecuali dengan ilmu ushul fiqh.” . Read the rest of this entry »

    Urgensi Ushul Fiqh dan Maqashid Syariah bagi Praktisi, Regulator dan Perguruan Tinggi Ekonomi Syariah

    0

    Posted on : 31-07-2013 | By : Agustianto | In : Artikel, Islamic Economics, Ushul Fiqh

    Ditulis oleh Agustianto*

    Ketua I Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI)

     

    Para akademisi dan praktisi lembaga perbankan dan keuangan, tidak cukup hanya mengetahui fikih muamalah dan aplikasinya saja, tetapi yang lebih penting  adalah  memahami ushul fiqh dan maqashid syariah dari setiap produk perbankan dan keuangan syariah. Ilmu ushul fiqh    memberikan pemahaman tentang metodologi istimbath (penetapan syariat Islam) ulama dalam merumuskan dan menetapkan suatu masalah hukum Islam. Ilmu Ushul fiqh memberikan dalil-dalil syariah dan argumentasi syariah mengenai suatu kebijakan, produk, system dan mekanisme perbankan syariah. Read the rest of this entry »

    Urgensi Maslahah dalam Ijtihad Ekonomi Islam

    0

    Posted on : 16-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Oleh : Agustianto

    Perkembangan lembaga-lembaga perbankan dan keuangan syariah mengalami kemajuan yang sangat pesat baik di panggung internasional mauppun di Indonesia. Lembaga-lembaga itu antara lain  asuransi, sukuk, pegadaian, mortgage, leasing dan multifinance, capital market, mutual fund, factoring, MLM (Multi Level Marketing), dsb. Read the rest of this entry »

    Silabus Ushul Fiqh Keuangan Kontemporer

    2

    Posted on : 15-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    SILABUS USHUL FIQH EKONOMI KEUANGAN TERBARU

    PASCASARJANA EKONOMI ISLAM DI PERG,TINGGI INDONESIA

    Bobot : 3 SKS

    Dosen : Agustianto Read the rest of this entry »

    Rekontruksi Fatwa Ekonomi Syariah (Bagian 2)

    0

    Posted on : 08-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Islamic Economics, Ushul Fiqh

    Oleh Agustianto

    Anggota Pleno DSN-MUI

     

    Kedudukan Fatwa

    Memang dalam kajian ushul fiqh, kedudukan fatwa hanya mengikat bagi orang yang meminta fatwa dan yang memberi fatwa. Namun dalam konteks ini, teori itu tidak sepenuhnya bisa diterima, karena konteks, sifat, dan karakter fatwa  saat ini telah berkembang dan berbeda dengan fatwa klasik. Teori lama tentang kedudukan fatwa harus direformasi dan diperpaharui sesuai dengan perkembangan dan proses terbentuknya fatwa. Read the rest of this entry »

    Rekontruksi Fatwa Ekonomi Syariah (Bagian 1)

    2

    Posted on : 07-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Oleh Agustianto

    Anggota Pleno DSN-MUI

    Pendahuluan

    Dalam menghadapi tuntutan kebutuhan masyarakat dan persaingan bisnis, lembaga perbankan dan keuangan syariah memerlukan produk-produk yang inovatif. Untuk penerapan produk yang inovatif dibutuhkan fatwa syariah dan regulasi yang mendukung. Sehubungan dengan itu peran Dewan Pengawas Syariah Nasional, Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia menjadi sangat penting. Personil yang duduk di lembaga tersebut haruslah memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang ilmu-ilmu syariah dan perbankan. Kesamaan pandangan antara ketiga lembaga tersebut sangat dibutuhkan. Read the rest of this entry »

    Ushul Fiqh Dan Ulama Ekonomi Syariah (Bagian II)

    3

    Posted on : 06-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    (Bagian II)

    Oleh : Agustianto

    Sebagai disebut pada tulisan pertama bahwa seorang ulama ekonomi syariah haruslah menguasai dan mendalami ilmu ushul fiqh. Ilmu ushul fiqh  dapat dikuasai dengan membaca, meneliti, menelaah dan mendiskusikan  buku-buku ushul fiqh. Pada  bagian pertama  artikel ini, penulis telah berjanji untuk memaparkan seratusan buku-buku ilmu ushul fiqh dan buku-buku yang terkait dengan ilmu ushul fiqh, seperti buku-buku mengenai tarikh tasyri’ dan falsafah hukum Islam.  Buku-buku  tersebut antara lain : Read the rest of this entry »

    Ushul Fiqh dan Ulama Ekonomi Syariah (Bagian I)

    0

    Posted on : 06-04-2011 | By : Agustianto | In : Artikel, Ushul Fiqh

    Ditulis oleh Agustianto

    Anggota DSN-MUI dan Ketua I IAEI

    Perkembangan ekonomi syariah saat ini secara terus menerus mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik di panggung internasional, maupun di Indonesia. Perkembangan ekonomi syariah tersebut meliputi perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah,  reksadana syariah, obligasi syariah, leasing syariah, Baitul Mal wat Tamwil, koperasi syariah, pegadaian syariah dan berbagai bentuk bisnis syariah lainnya. Read the rest of this entry »

    All Articles | Contact Us | RSS Feed | Mobile Edition