• Dapatkan 8 buku karya Agustianto, antara lain: Fikih Muamalah Ke-Indonesiaan, Maqashid Syariah, dalam Ekonomi dan Keuangan, Perjanjian (Akad) Perbankan Syariah, Hedging, Pembiayaan Sindikasi Syariah, Restrukturisasi Pembiayaan Bank Syariah, Ekonomi Islam Solusi Krisis Keuangan Global. Hub: 081286237144 Hafiz
  • Training IT Bank Syariah Pembuatan BRD Aplikasi Produk Pembiayaan Syariah Tgl 9-10 Agustus 2017 di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat.

    0

    Posted on : 31-07-2017 | By : Agustianto | In : Artikel, Islamic Economics, Kabar Aktual, Perbankan Syariah, Seminar & Training

    Dasar Pemikiran

    Dalam industri keuangan syariah, produk pembiayaan merupakan tulang punggung bagi pendapatan bank, oleh karena itu lahirnya produk-produk pembiayaan yang inovatif menjadi sangat penting bagi bank syariah.

    Permasalahan yang mengemuka adalah konsep inovasi  produk yang sudah dibuat seringkali tidak optimal dikarenakan adanya kesulitan dalam merealisasikan sistem aplikasi IT yang dapat mendukung operasionalisasi produk tersebut. Padahal kebutuhan akan sistem IT / aplikasi untuk sebuah produk menjadi niscaya mengingat kompleksitas pembukuan, tuntutan pelayanan, tuntutan pelaporan / kepatuhan dan juga tingginya jumlah pengguna produk.

    Salah satu masalah mendasar dalam mengembangkan sistem aplikasi IT untuk sebuah produk, terlebih produk syariah yang baru, adalah miskomunikasi divisi bisnis sebagai pemilik dengan divisi / vendor IT sebagai pihak yang akan mengembangkan sistem.

    BRD (Business Requirement Document) atau FSD (Functional  Specification Document) merupakan dokumen yang menjadi jembatan komunikasi antara pihak bisnis dengan IT yang seharusnya mampu menjadi acuan yang solid dalam proses pengembangan aplikasi. Untuk dapat membuat BRD yang baik maka baik pihak bank syariah dan LKS maupun pihak IT perlu memahami konsep dan aspek-aspek yang harus dikelola dalam penyusunan BRD.

    Sehubungan dengan itu Iqtishad Consulting akan menggelar Training Pembuatan BRD dan FSD Aplikasi Produk Pembiayaan Bank Syariah Angkatan 236 dengan menghadirkan praktisi dan pakar IT yang sangat berpengalaman dan sudahj mempunyai prestasi yang luar biasa sukses di bank-bank syariah

    Dalam penyusunan BRD ini perlu mencakup hal-hal sebagai berikut:

    1. Konsep akad  dan produk

    2. Prosedur terkait produk  yang relevan dengan IT

    3. Kebutuhan informasi untuk operasional dan kebutuhan informasi untuk pelaporan

    4. Ketentuan akuntansi / PSAK

    5. Pengaturan hak akses

    Pelatihan pembuatan BRD untuk produk pembiayaan syariah adalah pelatihan yang harus diikuti oleh pihak bisnis bank syariah, akuntansi ataupun operasional di bank umum / unit usaha syariah agar konsep produk pembiayaan syariah yang sudah ada dapat diwujudkan dengan kualitas operasional yang baik.

    Materi Pelatihan

    Materi dalam training pembuatan BRD produk pembiayaan syariah ini mencakup:

    1. Pengenalan struktur BRD yang ideal

    · Pendekatan proses

    · Pendekatan data

    · Pendekatan aktor / fungsi

    2. Sekilas model akad pembiayaan syariah

    · Jual beli

    · Syirkah

    · Sewa: IMBT

    · Hybrid: MMQ, Takeover dan refinancing

    3. Kerangka kerja penyusunan BRD pembiayaan syariah

    · Sudut pandang customer

    · Sudut pandang akad

    · Sudut pandang akuntansi dan transaksi

    · Sudut pandang pengendalian kolektibilitas

    4. Kebutuhan informasi akad pembiayaan syariah

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang customer

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang akad

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang akuntansi dan transaksi

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang pengendalian kolektibilitas

    5. Kebutuhan proses dan fungsi produk pembiayaan syariah

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang customer

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang akad

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang akuntansi dan transaksi

    · Kebutuhan informasi dari sudut pandang pengendalian kolektibilitas

    6. Studi kasus detil penyusunan BRD akad hybrid

    Profil Pembicara

    Ismir Kamili. ST

    Berlatar belakang pendidikan Sarjana Teknik Informatika ITB (1993-1998) yang memilih berkecimpung di dunia IT perbankan syariah sejak tahun 2001. Mengawali rekam jejaknya sebagai konsultan berbagai sistem terkait akuntansi dan keuangan syariah seperti DPLK syariah di DPLK Muamalat, juga sistem-sistem lain di lingkungan Bank Muamalat Indonesia. Karirnya berlanjut hingga menjadi konsultan implementasi core banking system di bank-bank syariah seperti Bank Muamalat Indonesia (2008), Panin Dubai Syariah Bank (2012), dan BCA Syariah (2014). Selain itu juga menggeluti berbagai implementasi teknologi electronic bankingpayment gateway, dan host-to-host. Termasuk di antaranya menjadi konsultan pelatihan dan pendamping migrasi kartu ATM/Debit ke NSICCS (standar teknologi kartu chip nasional) di tahun 2012 sampai sekarang.

    Interaksinya yang luas dengan dunia perbankan syariah dan teknologi perbankan juga membawanya terlibat sebagai bagian dari pelaku industri perbankan syariah, yang mana yang bersangkutan menjadi anggota Komite Audit Bank BRISyariah sejak tahun 2011 sampai sekarang. Pengalamannya yang luas dan detil di dunia IT perbankan, khususnya perbankan syariah, sangat berharga untuk memberikan pertimbangan yang strategis namun praktis dan sejalan dengan logika bisnis bagi bank-bank / unit usaha syariah dalam memformulasikan kebutuhan, kebijakan ataupun desain arsitektur IT.

    Agustianto Mingka adalah Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, Wakil Sekjen MES Pusat, Anggota Pleno DSN MUI, Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia, Dosen Program Islamic Economics and Finance Univ. Trisakti, Dosen Pascasarjana Univ.  Paramadina,  Dosen Program S2 Magister Ekonomi Islam Universitas Az-Zahra. DPS di beberapa lembaga keuangan syariah seperti Indonesia Eximbank (LPEI), Asuransi Jasa Raharja Putra, SMS Finance dll. Pendidikan S1, S2 IAIN SU, S3 Program Doktor Ekonomi Islam UIN.Beliau Sudah mentraining sebanyak 228 Angkatan dan mentraining 109 Professor dan Doktor, baik Profesor ekonomi Islam, Guru Besar Fikih dan Hukum Islam, Guru Besar Ushul Fiqh serta Guru Besar Ilmu ekonomi dan akuntansi.

    WAKTU DAN TEMPAT

    Hari/Tanggal: 9 – 10 Agustus 2017

    Waktu         : 08.00 – 16.00 WIB

    Tempat       : Hotel Sofyan Betawi, Cut Mutia Menteng, Jakarta Pusat

     

    BIAYA/INVESTASI:

    Rp. 3.500.000/org

    Group Min 3 org: Rp. 3.000.000/org

    (Tidak termasuk penginapan)

     

    FASILITAS :

    Modul Training, Makan Siang. Snack, Coffee Break, Ruang Klas ber-AC, CD Materi (softcopy materi, 109 fatwa DSN-MUI, kompilasi hukum ekonomi ekonomi syariah)  dan Sertifikat.

     

    Peserta yang menjadi Pengurus atau anggota IAEI baik daerah maupun Pusat mendapat diskon 20 %

     

    CP DAN TEMPAT PENDAFTARAN:

    Sdr. Joko Wahyuhono

    Hp : 082110206289 / 085716962518.

    Hafiz : 081286237144 WA

    Pasya : 082210845958

     

    Email:  admin@iqtishadconsulting.com,  dimasjoko@gmail.com

    Website: www.iqtishadconsulting.com

     

    Note: Bukti sah menjadi peserta jika sudah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer. 

    Post a comment

    All Articles | Contact Us | RSS Feed | Mobile Edition